Minggu, 04 Desember 2016

Sejarah Berdirinya Kerajaan Medang Kamulan, Prasasti dan Raja Yang Pernah Berkuasa

Sejarah Berdirinya Kerajaan Medang Kamulan, Prasasti dan Raja Yang Pernah Berkuasa - Tentu sudah kita fahami bersama bahwasannya daerah Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki sejarah kerajaan yang sangat panjang. Ada banyak kerjaan besar dengan luas wilayah yang besar juga yang pernah berdiri di daerah Jawa Timur. Seperti misalnya Kerajaan Kediri, sejarah Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan besar yang memiliki kebudayaan tinggi yang sangat menarik untuk dipelajari. Bukan saja Kerajaan Kediri, ada juga Kerajaan Medang Kamulan. Nah, pada artikel kali ini kami akan sampaikan beberapa informasi terkait sejarah Kerajaan Medang Kamulan.

 Kerajaan Medang Kamulan
Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan
Mulai dari sejarah berdirinya Kerajaan Medang Kamulan, beberapa prasasti peninggalannya yang bisa kita pelajari dan juga tentu sampai pada masa keruntuhan Kerajaan Medang Kamulan itu sendiri. Kerajaan Medang Kamulan sendiri juga termasuk salah satu Kerajaan di Jawa yang tergolong besar dan disegani. Sejarah Kerajaan Medang Kamulan bisa dilihat dan dipelajari dari beberapa prasasti peninggalan nya yang bisa ditemukan.

Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan pada dasarnya adalah lanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno. Namun messki merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno, namun penguasa pada kerajaan Medang Kamulan bukanlah wangsa atau dinasti yang memerintah dari Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Medang Kamulan ini adalah kerajaan yang berada di daerah Jawa Timur pada masa abad ke 10. Kerajaan Medang Kamulan adalah kelanjutan dari Dinasti Sanjaya yang notabene berasal dari Kerajaan Mataram Kuno yang ada di Jawa Tengah. Kerajaan Mataram Kuno yang di Jawa Tengah ini pada saat itu memindahkan pusat kerajaannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Pendiri Kerajaan Medang Kamulan adalah Mpu Sindok yang juga sekaligus sebagai pendiri dinasti Isyana yang kemudian menurunkan Raja-raja di Medang. Dinasti Isyana sendiri berkuasa dan memrintah selama satu abad sejak tahun 929 M. Latar belakang dalam memindahkan Pusat Kerajaan Mataram Kuno diduga adalah dikarenakan adanya letusan Gunung Merapi yang mengharuskan dilakukan perpindahan ke Jawa Timur. Dari beberapa catatan peninggalan prasasti yang berhasil ditemukan, bisa dilihat bahwa Kerajaan Medang Kamulan terletak di daerah Jawa Timur tepatnya di Watu Galuh di tepi Sungai Brantas yang beribukota Watan Mas yang sekarang diperkirakan adalah wilayah Kabupaten Jombang.

Baca juga :

Prasasti Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan

Dari beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Medang Kamulan ini lah kita bisa mempelajari sejarah berdirinya dan keruntuhan Kerajaan Medang Kamulan. Karena memang cukup banyak prasasti yang bisa ditemukan terkait keberadaan dan kejayaan Kerajaan Medang Kamulan. Perhatikan di bawah ini beberapa prasasti dan peninggalan sejarah Kerajaan Medang Kamulan yang berhasil ditemukan.
  • Prasasti Tangeran (933 m) dari Desa Tangeran ( daerah Jombang ),  isinya Mpu Sindok memerintah bersama permaisurinya Sri Wardhani
  • Prasasti Bangil, isinya Mpu Sindok memerintahkan pembangunan candi untuk tempat peristirahatan mertuanya yang bernama Rakyan Bawang
  • Prasasti Lor (939 M) dari Lor ( dekat Ngajuk ), isinya Mpu Sindok memerintahkan membangun Candi Jayamrata dan Jayamstambho (tugu kemenangan) di Desa Anyok Lodang;
  • Prasasti Kalkuta, isinya tentang peristiwa hancurnya istana milik Dharmawangsa juga memuat silsilah raja-raja Medang Kamulan.

Masa Pemerintahan Raja-raja Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan bisa dikatakan sebagai salah satu Kerajaan yang bisa bertahan lama di Jawa Timur. Raja-raja silih berganti dalam menjalankan roda pemerintahannya untuk memakmurkan rakyatnya. Ada beberapa nama raja yang berhasil membawa Kerajaan Medang Kamulan menjadi Kerajaan yang makmur untuk rakyatnya. Raja pertama adalah Mpu Sindok yang juga merupakan pendiri Kerajaan Medang Kamulan. Mpu Sindok ini memerintah selama kurang lebih dua puluh tahun ( 929 M – 949 M ). Mpu Sindok memiliki gelar Sri Maharaja Raka i Hino Sri Isana Wikrama Dharmatunggadewa.

Artikel terkait :

Dalam menjalankan pemerintahan Kerajaan Medang Kamulan, Mpu Sindok dibantu oleh istrinya yang bernama Sri Wardhani Pu Kbin. Kemudian dilanjutkan oleh Dharmawangsa Tegu yang merupakan cucu dari Mpu Sindok sendiri. Ia berkuasa pada tahun 990 M - 1016 M, pada masa kerajaan ini, penetrasi perniagaan cukup agresif dilakukan bahkan sampai ke Kerajaan Sriwijaya. Kemudian raja Kerajaan Medang Kamulan Selanjutnya adalah Raja Airlangga/Erlangga pada tahun 1019M - 1042 M. Raja Airlangga adalah putra dari Raja Bali Udayana dan Mahendradatta yang merupakan saudari Dharmawangsa Teguh. Cerita sampai Airlangga bisa menjadi raja Medang Kamulan adalah pada saat itu Airlangga menjadi pelarian di Wonogiri yang kemudian dinobatkan menjadi Raja. Raja Airlangga inilah yang kemudian bisa mengembalikan kewibwaan Kerajaan Medang Kamulan dengan berhasil menaklukkan beberapa raja terdahulu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Berdirinya Kerajaan Medang Kamulan, Prasasti dan Raja Yang Pernah Berkuasa

0 komentar:

Posting Komentar