Kamis, 08 Desember 2016

Zaman Logam, Pengertian Dan Pembagiannya

Zaman Logam, Pengertian Dan Pembagiannya - Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam perkembangan umat manusia di dunia ini mengalami beberapa masa yang dilalui. Mulali dari masa prasejarah atau masa pra aksara yang memiliki beberapa masa. Zaman pada masa lalu juga dibagi dalam beberapa zaman, seperti zaman batu dan juga zaman logam. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan mengenai pengertian zaman logam dan beberapa pembagiannya.

Kapak Corong Zaman Logam
Kapak Corong Zaman Logam

Pengertian Zaman Logam

Pengertian zaman logam adalah suatu zaman yang ditandai dengan perkembangan kemampuan manusia yang sudah memiliki kemampuan untuk membuat berbagai alat yang berbahan dari logam. Alat-alat yang diciptakan tentu dipergunakan sebagai penopang kehidupan mereka pada saat itu. Dari perkembangan zaman yang menunjukkan bahwa manusia pada masa itu sudah bisa membuat alat dari logam menunjukkan bahwa peradaban dan kebudayaan manusia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi jika dibandingkan dengan masa zaman batu, tentu sangat jauh berbeda. Namun demikian, meski pada masa zaman logam sudah banyak alat dari logam, namun alat-alat dari batu masih digunakan tidak ditinggalkan sama sekali.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, pembuatan alat dari bahan baku logam ini bisa dikatakan lebih mudah dari pada membuat alat dari batu. Karena dalam pembuatannya, alat dari batu ini harus melalui proses yang cukup panjang seperti harus dipukul, diratakan, juga diasah dan dihaluskan dan tentunya tak jarang batu itu hancur tak bisa digunakan. Sedangkan pembuatan alat dari logam ckup mudah yaitu dengan hanya melebur terlebih dahulu logam tersebut dan kemudian tinggal dituangkan ke cetakan dan disesuaikan dengan alat yang dkehendaki.

Proses pembuatan alat dari logam ini tentu menunjukkan bahwa pada saat itu peradaban dan teknologi sudah canggih. Hal ini ditunjukkan bahwa pada masa itu masyarakat sudah bisa melebur logam dan bisa membuat alat-alat dari logam. Zaman logam ini sering juga disebut sebagai zaman perundagian. Zaman logam sendiri juga memiliki pembagiannya pada beberapa bagian. Di bawah ini adalah pembagian zaman logam sesuai dengan jenis logam yang dimanfaatkan.

Baca juga :Peninggalan Zaman Praaksara Pada Masa Kebudayaan Logam

Pembagian Zaman Logam

1. Zaman Logam Tembaga

Pengertian zaman logam tembaga adalah, zaman dimana masyarakatnya menggunakan tembaga sebagai bahan untuk membuat alat-alat kebutuhan hidupnya. Jadi hampir keseluruhan alat yng digunakan adalah berasal dari logam tembaga.

2. Zaman Logam Perunggu

Pengertian zaman logam perunggu adalah, zaman dimana manusia dan masyarakatnya menggunakan dan membuat alat dari bahan perunggu. Contoh alat pada zaman logam perunggu ini adalah kapak corong, nekara dan moko. Kapak corong sendiri memiliki bentuk mirip seperti corong yang pada bagian sembirnya belah. Pada bagian dalam corong tersebut kemudian diisi dengan kayu yang menyiku pada bidang kapak. Kapak corong ini sering juga disebut sebagai kapak sepatu karena memang bentuknya sangat mirip dengan sepatu yang tangkainya mirip dengan kaki manusia.

Sedangkan nekara adalah suatu benda yang terbuat dari logam perunggu yang pada bagian tengah dan sisi atasnya tertutup. Di daerah lain seperti di daerah Pulau Alor, Nusa Tenggara, benda ini disebut juga dengan moko. Moko adalah benda sejenis dengan nekara namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

3. Zaman Logam Besi

Pengertian Zaman Logam Besi adalah zaman dimana manusianya membuat berbagai alat untuk menunjang kebutuhan hidup mereka dengan bebahan dasar logam besi. Caranya sama seperti cara logam lain, yaitu dengan meleburnya terlebih dahulu baru kemudian dituangkan ke sebuah cetakan yang disesuaikan dengan alat yang diinginkan. Pada zaman ini, pembuatan alat-alat kebutuhan hidup lebih sempurna dari pada pada zaman tembaga atau perunggu. Alat yang sudah dibuat pada zaman ini antara lain adalah mata kapak dan mata tombak.
Baca juga :Pengertian Zaman Prasejarah

Nah teman-teman semua, itulah sedikit informasi dari kami terkait pengertian zaman logam dan pembagiannya. Semoga informasi dari kami bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semua untuk mempelajari lebih dalam terkait sejarah zaman logam dan zaman-zaman lainnya yang masih dalam masa kurun zaman praaksara. Jika ada kesalahan informasi yang kami sampaikan, kami mohon sekiranya teman-teman bersedia memberikan koreksi melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Zaman Logam, Pengertian Dan Pembagiannya

1 komentar:

  1. Yuk segera bergabung di bolayo.com
    min deposit 50ribu
    bonus member baru 30%
    Aman & Terpercaya.
    Jika berminat langsung klik link di bawah ya

    Http://bit.do/bolayo

    BalasHapus