Sabtu, 25 Februari 2017

Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu Di Indonesia

Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu Di Indonesia - Indoensia adalah negara yang memiliki sejarah panjang dengan banyaknya sejarah kerajaan besar pada masa lalu. Banyak sekali peninggalan-peninggalan kerajaan yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Ada berupa peninggalan Kerajaan Majapahit, ada juga prsasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan masih banyak lagi. Nah, diantara banyak peninggalan sejarah dari kerajaan masa lalu tersebut ada yang berupa candi. Candi ternyata juga banyak ditemukan di Indoensia, baik yang berupa candi kecil dan berupa candi besar.

Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu Di Indonesia
Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu Di Indonesia
Dari beberapa candi ini ternyata memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada candi yang memiliki ciri dan karakteristik candi Hindu ada juga yang memiliki ciri dan karakteristik Candi Budha. Candi-candi ini tentu memiliki kekhasan masing-masing yang berbeda dari satu candi dengan candi yang lainnya. Meski mungkin candi-candi ini masih memiliki kemiripan baik dalam bentuk maupun susunan nya. Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan ciri-ciri candi bercorak Hindu di Indonesia.

Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu di Indonesia

Relief yang terdapat di dalam candi ini melambangkan kehidupan yang fana dengan membandingkan nirwana yang suci dan murni
Terdiri dari tiga tingkatan yang menggambarkan pembagian dunia
Bagian kaki pada candi berbentuk bujur sangkar dan melambangkan dunia yang fana
Bagian tubuh candi melambangkan kebersihan tempat para manusia suci ingin menemukan kemurnian dan meminta sesuatu dari para dewa
Bagian atap candi melambangkan kehidupan para dewa yang runcing dan biasa disebut genta

Contoh-contoh Candi Dengan Karakter Hindu

  • Candi Prambanan
  • Candi Arjuna
  • Candi Panataran
  • Candi Kidal
  • Candi Gedong Songo
  • Candi Cangkuang, Candi Panataran


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan terkait ciri-ciri candi bercorak Hindu di Indonesia. Semoga artikel mengenai ciri-ciri Candi bercorak Hindu di Indonesia di atas bisa menambah pengetahuan dan pemahaman teman-teman mengenai ciri-ciri Candi Hindu di Indonesia. Jika ada kekurangan atau kelebihan pada ciri-ciri Candi Hindu di Indonesia di atas kami mohon koreksi melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah artikel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-ciri Candi Bercorak Hindu Di Indonesia

1 komentar:

  1. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus