Minggu, 26 Maret 2017

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Bukti Sejarah Masa Kejayaan Kerajaan Mataram Islam

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Bukti Sejarah Masa Kejayaan Kerajaan Mataram Islam - Di tanah Jawa sesudah runtuhnya hegemoni kerajaan Hindu Buddha, maka muncullah kerajaan baru dengan membawa nafas Islam. Tata kerajaan Islam di Jawa tersebut dimulai dengan berdirinya Kerajaan Demak yang diprakarsai oleh Walisongo sebagai penyebar Islam di Jawa. Kemudian setelah Demak, maka disusul dengan berdirinya Kerajaan Pajang. Dan tidak berhenti di Pajang, persebaran Islam di Jawa terutama melalui kerajaan ini kemudian dilanjutkan dengan munculnya Kerajaan Matarm Islam. Berdirinya Kerajaan Mataram Islam ini tentu tidak bisa dipisahkan dari kerajaan-kerajaan Islam di Jawa yang sudah berdiri sebelumnya.

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam
Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram Islam sendiri termasuk salah satu kerajaan Islam yang memiliki tingkat kesuksesan cukup besar. Hampir seluruh wilayah Jawa berhasil dikuasai oleh kerajaan Mataram Islam. Dengan kekuasaan yang cukup luas ini tentu Kerajaan Mataram Islam memiliki tingkat peradaban yang cukup maju. Kemajuan peradaban di masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Peningglaan Kerajaan Mataram Islam ini bisa dibilang cukup beragam. Jika pada umumnya suatu kerajaan hanya meninggalkan bentuk bangunan fisik, maka peninggalan Kerajaan Mataram Islam ini memiliki banyak jenis peninggalan seperti karya sastra dan lainnya.

Nah, untuk kesempatan kali ini, akan kami sampaikan beberapa peninggalan Kerajaan Mataram Islam untuk kalian. Untuk lebih kelasnya, perhatikan penjelasan mengenai peninggalan Kerajaan Mataram Islam di bawah ini.

1. Peninggalan Kerajaan Mataram Islam berupa Karya Sastra sebagai sumber berita

Pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam, banyak muncul karya sastra yang kemudian bisa dijadikan sebagai sumber berita. Karena pada masa itu Kerajaan Mataram Islam cukup damai dan jarang dan bahkan tidak pernah terjadi konflik, maka banyak bermunculan para pemikir yang produktif dalam menghasilkan sebuah tulisan. Diantara beberapa karya sastra maupun karya tulis yang berhasil ditelurkan pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam yang kemudian menjadi sumber berita adalah seperti di bawah ini.

a. Babad Tanah Djawi
b. Babad Meinsma
c. Serat Kandha
d. Serat Centini
e. Serat Cabolek
f. Serat Dharma Wirayat (yang sangat populer sebagai karya Sri Paku Alam III.)
g. Serat Nitipraja
h. Babad Sangkala
i. Babad Sankalaniang Momana
j. Sadjarah Dalem

2. Peninggalan Kerajaan Mataram Islam Dalam Bentuk Seni Dan Tradisi

Pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam, dunia seni dan tradisi bisa dikatakan mengalami perkembangan yang cukup bagus. Kehidupan politik Kerajaan Mataram Islam yang stabil membuat rakyatnya menjadi lebih suka terhadap beberapa tradisi dan seni. Ada banyak seni dan tradisi yang menghiasi dan menghibur rakyat Mataram Islam saat itu. Diantara beberapa seni dan tradisi yang muncul adalah seperti di bawah ini.

a. Sastra Ghending karya Sultan Agung
b. Tahun Saka
c. Kerajinan Perak
d. Kalang Obong
e. KUE KIPO
f. Pertapaan Kembang Lampir

3. Peninggalan Kerajaan Mataram Islam berupa Bangunan dan Pusaka

Selain meninggalkn berbagai karya seni dan budaya, peninggalan kerajaan Mataram Islam juga ada yang berupa bangunan. Ada beberapa jenis bangunan yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Ada yang berupa masjid, ada pemakaman dan ada beberapa jenis lainnya. Selain bangunan, Kerajaan Mataram Islam juga meninggalkan beberapa pusaka. Diantara beberapa peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang berupa bangunan dan pusaka adalah seperti di bawah ini.

a. Segara Wana dan Syuh Brata
b. Puing – puing / candi- candi Siwa dan Budha di daerah aliran Sungai Opak dan Progo yang bermuara di Laut Selatan
c. Batu Datar di Lipura yang tidak jauh di barat daya Yogyakarta
d. Baju “keramat” Kiai Gundil atau Kiai Antakusuma
e. Masjid Agung Negara
f. Masjid Jami Pakuncen
g. Gerbang Makam Kota Gede
h. Masjid Makam Kota Gede
i. Bangsal Duda
j. Rumah Kalang
k. Makam Raja- Raja Mataram di Imogiri


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan untuk kalian mengenai peninggalan kerajaan Mataram Islam. Peninggalan Kerajaan Mataram Islam memang cukup banyak dan memiliki beberapa jenis bukan saja dari bangunan. Semoga sedikit informasi mengenai peninggalan kerajaan Mataram Islam di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai sejarah Kerajaan Mataram Islam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Bukti Sejarah Masa Kejayaan Kerajaan Mataram Islam

1 komentar:

  1. Yuk segera bergabung di bolayo.com
    min deposit 50ribu
    bonus member baru 30%
    Aman & Terpercaya.
    Jika berminat langsung klik link di bawah ya

    Http://bit.do/bolayo

    BalasHapus