Selasa, 07 Maret 2017

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Alasan Islam Mudah Diterima Masyarakat Indonesia

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Alasan Islam Mudah Diterima Masyarakat Indonesia - Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, ternyata dulunya bukanlah kawasan yang mayoritas beragama Islam. Pada masa kerajaan, beberapa kerajaan besar yang memiliki luas wilayah besar di Indonesia, bukanlah kerajaan dengan menganut agama Islam. Sebut saja seperti kerajaan Majapahit (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit), kemudian kerajaan Singasari (baca : Sejarah Kerajaan Singasari) ataupun kerajaan Tarumanegara (baca : Sejarah Kerajaan Tarumanegara). Beberapa kerajaan besar di nusantara ini rata-rata adalah penganut agama Hindu dan Budha. Jike melihat pada masa kerajaan, maka saat ini Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia adalah merupakan fakta yang sangat menakjubkan.

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Bisa dikatakan bahwa proses Islamisasi yang dibawa oleh para penyebar Islam pada masa lalu ini sangat sukses dan berhasil. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia sendiri sebenarnya sampai saat ini masih menjadi diskusi yang terus berkembang. Ada beberapa teori dan pendapat dari beberapa ahli sejarah terkait periodisasi sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Namun diluar itu semua, yang patut kita perhatikan juga adalah keterbukaan masyarakat Indonesia terhadap agama baru yang bernama Islam, dan juga penerimaan masyarakat Indonesia terhada agama Islam itu sendiri. Islam begitu mudah diterima oleh masyarakat lokal, dan bahkan dalam proses penyebaran Islam ini cenderung sangat damai yang artinya masyarakat menerima dengan tangan terbuka tanpa adanya penolakan atau bahkan perlawanan dari agama terdahulu.

Dari sini bisa dipelajari alasan agama Islam mudah diterima oleh masyarakat asli. Padahal kepercayaan yang dianut oleh nenek moyang mereka sudah dipegang sejak turun temurun. Nah, ternyata ada beberapa alasan agama Islam mudah diterima oleh masyarakat yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini adalah beberapa alasan agama Islam mudah diterima masyarakat Indonesia.

Alasan Agama Islam Mudah Diterima Masyarakat Indonesia

  • Syarat masuk Islam sangat mudah karena seseorang dianggap telah masuk Islam jika ia telah mengucapkan kalimah syahadat.
  • Pelaksanaan ibadah sederhana dan biayanya murah.
  • Agama Islam tidak mengenal pembagian kasta sehingga banyak kelompok masyarakat yang masuk Islam karena ingin memperoleh derajat yang sama.
  • Aturan-aturan dalam Islam bersifat fleksibel dan tidak memaksa.
  • Agama Islam yang masuk dari Gujarat, India mendapat pengaruh Hindu dan tasawuf sehingga mudah dipahami.
  • Penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan dan disesuaikan dengan kondisi sosial budaya yang ada.
  • Runtuhnya kerajaan Majapahit pada akhir abad ke 15 yang memudahkan penyebaran Islam tanpa ada pembatasan dari otoritas kerajaan Hindu-Budha.

Keluesan dan kefleksibelan Islam ini ternyata menjadi salah satu alasan agama Islam mudah diterima masyarakat. Jika kita bayangkan pada masa kerajaan Majapahit terdahulu yang begitu memegang teguh ajaran Hindu atau Budha, maka proses masuknya Islam ke Indonesia yang begitu mudah ini menjadi sesuatu yang sangat menarik.


Nah teman-teman, sementara itu dulu yang bisa kami sampaikan terkait sejarah masuknya Islam ke Indonesia terutama terkait alasan agama Islam mudah diterima masyarakat Indonesia. Semoga informasi mengenai alasan agama Islam mudah diterima masyarakat Indonesia di atas bisa menambah pengetahuan kita tentang sejarah Islam. Dan, semoga di waktu mendatang kami bisa memberikan informasi lainnya terkait sejarah masuknya Islam ke Indonesia serta perkembangan Islam di Indonesia pada masa itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Alasan Islam Mudah Diterima Masyarakat Indonesia

1 komentar: