Jumat, 24 Februari 2017

Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara - Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang terutama terkait dengan sejarah kerajaan. Ada banyak kerajaan yang berdiri di Indonesia, dan bahkan sampai sekarang masih berdiri beberapa kerajaan di tanah air. Kerajaan Tarumanegara sendiri merupakan salah satu kerajaan besar di Indonesia. Sejarah Kerajaan Tarumanegara ini merupakan kerajaan HIndu tertua ke dua setelah Kerajaan Kutai. Letak Kerajaan Tarumanegara adalah berada di kawasan barat pulau Jawa. Kerajaan Tarumanegara ini berkuasa sekitar pada abad ke-4 sampai abad ke-7 Masehi.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kata Tarumanegara sendiri adalah berasal dari kata Tarum dan Ngara. Tarum adalah nama sebuah sungai yang membelah Jawa Barat yang sekarang lebih dikenal dengan sungai Citarum. Sedangkan kata Negara sendiri adalah berarti Kerajaan. Lalu bagaimana sejarah Kerajaan Tarumanegara, bagaimana pula kehidupan pada masa berdiri, masa kejayaan dan masa keruntuhan Kerajaan Tarumanegara akan kami jelaskan di bawah ini.

Baca juga :

1. Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Sampai sejauh ini, sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara masih menjadi perdebatan dan pertanyaan antar para ahli sejarah. Saatu sumber sejarah yang bisa dijadikan referensi adalah Naskah Wangsakerta. Namun, sampai saat ini Naskah Wangsakerta ini masih menjadi pertanyaan, apakah naskah tersebut asli atau palsu. Jika menganut pada Naskah Wangsakerta, maka pada abad ke 4 Masehi beberapa wilayah di Nusantara didatangi oleh beberapa pengungsi dari India yang mencari perlindungan karena adanya perang di India. Pada umumnya, pengungsi yang datang tersebut berasal dari Kerajaan Palawa dan Calankayana di India.

Nah, dari rombongan pengungsi ini dipimpin oleh seorang resi yang bernama Jayasingawarman. Kemudian setelah mendapatkan izin dan persetujuan dari raja setempat yang pada saat itu adalah Dewawarman VIII, raja Salakanagara maka sang maha resi tersebut kemudian membuka tempat pemukiman baru di dekat sungai Citarum. Pemukiman tempat tinggal para pengungsi tersebut kemudian diberi nama oleh Jayasingawarman dengan Tarumadesya atau desa Taruma.

Waktu pun terus berjalan, kemudian sepuluh tahun berjalan, desa Tarumadesya ini semakin besar karena banyak penduduk desa yang lain yang datang berkunjung ke desa Taruma. Melihat kondisi desa yang semakin besar dan semakin menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, maka sang maharesi Jayasingawarman kemudian mendirikan sebuah Kerajaan yang bernama Tarumanegara.

2. Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Seperti kerajaan-kerajaan yang lainnya, Kerajaan Tarumanegara juga pernah mengalami masa kejayaannya. Masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara adalah ketika pada masa dipimpin oleh raja Purnawarman. Pada masa raja Purnawarman, Kerajaan Tarumanegara berhasil memperluas wilayahnya dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan yang ada di sekitar kerajaan Tarumanegara. Menurut para ahli sejarah, luas daerah Kerajaan Tarumanegara mencapai luas wilayah Jawa Barat sekarang. Bukti lain masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara, pada masa raja Purnawarman berhasil menyusun buku undang-undang kerajaan, peraturan angkatan perang dan siasat perang serta silsilah dinasti Warman. Raja Purnawarman juga dikenal sebagai seorang raja yang kuat dan bijaksana terhadap rakyatnya.

3. Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Suatu kerajaan seberapapun besarnya, tentu pada akhirnya akan mengalami keruntuhan. Demikian halnya dengan Kerajaan Tarumanegara, masa Kerajaan Tarumanegara ini berawal dari Raja ke 12 Tarumanegara yaitu Linggawarman yang memiliki dua orang putri. Putri pertama bernama Dewi Manasih yang menikah dengan Tarusbawa. Dan Sobakencana yang kemudian menikah dengan Dapunta Hyang Sri Jayanasa yang merupakan pendiri dari Kerajaan Sriwijaya. Tampuk kekuasaan kerajaan Tarumanegara kemudian jatuh pada Tarusbawa yang memindah pusat pemerintahan dan kerajaan Tarumanegara ke Kerajaan Sunda yang notabene pada awalnya adalah bawahan kerajaan Tarumanegara. Dan semakin berkembang, lama-lama Kerajaan Tarumanegara diganti menjadi Kerajaan Sunda.

Artikel lain :

Nah teman-teman, itulah sedikit ulasan singkat mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara yang bisa kami sampaikan kepada Anda. semoga sedikit ulasan mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara di atas bisa menambah pengetahuan Anda mengenai Kerajaan Tarumanegara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

0 komentar:

Posting Komentar