Rabu, 15 Maret 2017

Beberapa Fakta dan Peristiwa Dibalik Suksesnya Pelaksanaan Pemilu 1955 (II)

Beberapa Fakta dan Peristiwa Dibalik Suksesnya Pelaksanaan Pemilu 1955 (II) - Dalam setiap penyelenggaraan even akbar, tentu saja banyak fakta yang tidak terungkap dengan gamblang. Apalagi even akbar sekelas Pemilu, maka tentu ada banyak peristiwa dan fakta yang selalu menarik untuk dipelajari. Demikian halnya dengan pelaksanaan Pemilu 1955, pemilu yang merupakan pemilu pertama di Indonesia. Ada banyak peristiwa dan kejadian menarik yang menghiasi pelaksanaan pemilu pertama Indonesia tersebut. Kebanyakan kejadian dan peristiwa seputar pemilu 1955 tersebut jarang diekspose karena memang pelaksanaan pemilu 1955 yang berhasil tersebut merupakan peristiwa yang sangat bersejarah dalam perjalanan demokrasi di Indonesia.

Pelaksanaan Pemilu 1955
Pelaksanaan Pemilu 1955
Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa fakta dan peristiwa seputar pelaksanaan Pemilu 1955. Sebelumnya, sudah kami sampaikan fakta dan peristiwa pelaksanaan pemilu 1955. Kini melanjutkan ulasan tersebut, akan kami sampaikan penjelasan mengenai beberapa fakta dan peristiwa terkait dengan pelaksanaan Pemilu 1955 yang sangat bersejarah tersebut. Ada banyak peristiwa, namun yang berhasil dikumpulkan oleh wartawan pada saat itu hanya beberapa saja. Fakta dan peristiwa seputar pemilu 1955 yang akan kami sampaikan adalah didasarkan pada apa yang ditulis oleh wartawan Pikiran Rakjat saat itu.

Fakta dan Peristiwa Seputar Pemilu 1955


1. Kerusuhan yang berakhir pada pembakaran hingga penembakan

Masih berkutat di Bandung, pada saat pemilu 1955, terjadi kerusuhan di TPS Cisindang, Dukuh, Kabupaten Bandung. Pada saat itu, TPS Cisindang tiba-tiba dibakar oleh orang yang tidak dikenal, namun beruntung, surat suara yang ada di TPS tersebut tidak terbakar sama sekali. Selain Cisindang, pembakaran juga terjadi di daerah Cirojom, Desa BUnigara, Tasikmalaya. Motif pembakaran yang dilakukan segerombolan orang tak dikenal tersebut belum diketahui.

Masih di Jawa Barat, saat itu juga terjadi kerusuhan yang bahkan sampai menimbulkan penembakan. Ada sekitar 15 orang yang tergabung dalam kelompok Gebod yang kemudian melakukan penyerangan di Cibarusa. Di desa bagian selatan lainnya juga dimasuki sekelompok orang bersenjata. Seain di daerah tersebut, juga terjadi saling tembak antara pihak berwenang dengan sekolompok orang di daerah Pasir Cipisan, Kabupaten Cianjur. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

2. Truk pembawa surat suara terbalik

Selain peristiwa kerusuhan yang terjadi, ada juga kecelakaan yang terjdi dan mempengaruhi teknis pelaksanaan pemilu 1955. Sebuah truk yang membawa logistik pemilu 1955 berupa surat suara untuk Cilanggar mengalami kecelakaan di Cikari. Truk tersebut terbalik yang kemudian mengakibatkan surat suara tersebut basah dan tidak bisa digunakan kembali. Belum jelas kecelakaan yang terjadi ini, apakah bersifat sabotase atau memang kecelakaan biasa tanpa ada tendensi apa-apa.

3. Terputusnya saluran telepon

Kejadian yang sedikit janggal yang terjadi pada pemilu 1955 adalah terputusnya saluran telepon. Saluran telepon terputus di dartah Garut yang diduga karena saluran telepon sudah berusia tua. Selain saluran telepon yang terputus, ternyata juga terjadi pembakaran kepada dua rumah di daerah Kampung Babakan Tipar, Kabupaten Garut yang dilakukan oleh segerombolan orang.

4. Anggota Salfudin membawa mortir di Kuningan

Seleain beberapa fakta di atas, ada juga yang cukup menghawatirkan karena keberadaannya membawa mortir. Sekitar 200an orang anggota kelompok dai bawah pimpinan Salfudin mendatangi Kabupaten Kuningan dengan membawa mortir. Selain membawa mortir, mereka juga membawa senjata api. Tujuan mereka adalah ingin menyeberang ke Ciwaru, pada saat itu belum diketahui motif sebenarnya dari kelompok ini dengan membawa senjata api yang sangat berbahay tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Fakta dan Peristiwa Dibalik Suksesnya Pelaksanaan Pemilu 1955 (II)

0 komentar:

Posting Komentar