Senin, 13 Maret 2017

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Tasawuf

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Tasawuf - Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa proses penyebaran Islam di Indonesia dilakukan dengan berbagai cara dan metode. Ada proses penyebaran Islam melalui pendidikan, ada juga proses penyebaran Islam di Indonesia melalui perkawinan. Selain beberapa proses penyebaran Islam di Indonesia yang sudah kami sampaikan, ada lagi proses penyebaran Islam di Indonesia yang memiliki peran sangat signifikan terhadap perkembangan Islam. Proses tersebut adalah melalui dunia tasawuf. Dunia tasawuf ternyata memiliki peran yang tak kalah pentingnya terhadap proses penyebaran Islam di Indonesia. Masyarakat lokal pada waktu itu cukup memiliki perhatian dan concern yang tinggi dengan dunia tasawuf.

Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Tasawuf
Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Tasawuf

Tasawuf sendiri adalah salah satu dari cabang Ilmu Islam yang juga memiliki banyak ahli di dalamnya. Tasawuf adalah ilmu yang berbicara tentang membersihkan diri dan hati untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. Nah, ilmu tasawuf ini pada masa awal perkembangan Islam di Indonesia ternyata juga sudah ada yang mempelajarinya. Dan, ada beberapa tokoh sufi yang kemudian beliau juga menyebarkan Islam di Indonesia dengan cara mengajarkan tasawuf pada para muridnya. Proses penyebaran Islam di Indonesia melalui tasawuf ini juga menjadi cara yang sangat efektif dan behasil. Selain memang ada banyak alasan Islam mudah diterima masyarakat Indonesia yang sangat mendukung pada waktu itu.

Dengan gaya hidup para sufi yang begitu sederhana, bersahaja dan tidak mementingkan dunia, maka dari sini banyak orang yang kemudian tertarik dan simpati kepadanya. Para sufi ini meski selalu mengutamakan hubungannya dengan Allah, namun mereka tetap bisa bergaul dan bermasyarakat. Nama sufi yang populer pada masa awal penyebaran Islam di Indonesia adalah Hamzah Fansuri di Aceh dan Sunan Panggung Jawa. Dengan sikap para ahli tasawuf yang begitu mempesona tersebut kemudian membuat masyarakat menjadi tertarik dan berniat ingin menjadi muridnya. Nah, dari sini kemudian para ahli tasawuf tersebut kemudian mengajarkan Islam kepada masyarakat lokal dan mengangkatnya menjadi muridnya.

Cara ini terbilang sangat manjur untuk sarana meyebarkan Islam di Indonesia. Ajaran sufi pada umumnya yang sangat menghormati dan mengagungkan sang guru, maka banyak para murid sufi yang menurut atas perintah dari sang guru. Termasuk di antaranya adalah perintah untuk menyebarkan kembali ajaran Islam kepada khalayak ramai. Tentu saja para murid akan segera melaksanakan apa yang diperintahkan oleh guru. Dengan demikina, ajaran agama Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cepat. Proses penyebaran Islam di Indonesia melalui tasawuf ini menjadi cara alternatif lain dalam menyebarkan Islam di Indonesia. Bahkan sampai sekarang ajaran tasawuf masih tetap diajarkan dan bahkan ada banyak tarekat yang bermunculan di Indonesia dengan ribuan bahkan jutaan pengamalnya.

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai proses penyebaran Islam di Indonesia melalui tasawuf yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi mengenai proses penyebaran Islam melalui tasawuf di atas bisa menambah wawasan kita semua mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia, terutama proses penyebaran Islam di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Proses Penyebaran Islam di Indonesia Melalui Tasawuf

0 komentar:

Posting Komentar